5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket

5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket - Cara mengoper pada bola basket termasuk kedalam teknik dasar permainan bola basket yang harus dipahami dan dikuasai. Teknik dasar bola basket tersebut meliputi teknik dasar mengoper bola pada basket atau pass, teknik dasar melempar bola dan lain lain. Salah satu teknik permainan basket yang harus dikuasai adalah teknik dasar mengoper ini. Teknik pass tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti chest pass, bounce pass, overhead pass, behind the back pass, maupun baseball pass. Setiap teknik memiliki caranya masing masing. Apakah anda telah memahami teknik dasar pass ini? Kali ini saya akan membagikan beberapa teknik dasar mengoper atau pass dalam permainan bola basket secara lengkap. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Pada dasarnya teknik mengoper bola pada permainan bola basket atau pass ini sangat mudah untuk dilakukan. Setiap operan pada basket memiliki keuntungan atau kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk melakukan berbagai jenis operan pada bola basket kita harus mempelajari teknik dasarnya terlebih dahulu. Lalu apa saja teknik dasar operan pada bola basket?

Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket

Teknik dasar mengoper bola atau pass dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi beberapa teknik seperti chest pass, bounce pass, overhead pass, behind the back pass, maupun baseball pass. Dibawah ini terdapat penjelasan masing masing teknik pass tersebut:

Teknik Dasar Chest Pass

Teknik dasar mengoper yang pertama ialah teknik mengoper chest pass. Chest pass merupakan sebuah teknik mengoper dalam permainan basket dengan cara dioper sejajar dada kemudian didorong menggunakan power serta akurasi yang tepat. teknik mengoper ini berfungsi untuk mencetak angka dalam permainan bola basket.
Chest Pass
Langkah langkah teknik dasar mengoper chest pass:
  • Pegang bola basket menggunakan dua tangan kemudian tahan dengan ujung jari kedua tangan dan letakkan bola didepan dada.
  • Letakkan ibu jari dibelakang bola sedangkan jari lainnya menyebar diseluruh sisi bola.
  • Letakkan sikut agar dekat dengan tubuh.
  • Posisikan kaki seperti triple threat dengan penumpuan badan dibebankan kepada kaki belakang.
  • Saat ingin mengoper bola, pindahkan berat badan kearah depan.
  • Lakukan tolakan dengan bagian tangan lurus dan ibu jari diputar kebawah, kemudian diakhiri dengan sentakan dari pergelangan tangan.
  • Arahkan pandangan anda kebola yang akan dilempar agar operan bola lurus kedepan.
Teknik dasar mengoper ini dapat anda kuasai dengan cara rutin berlatih. Anda dapat berlatih chest pass dengan dinding yaitu cukup memantulkannya kearah dinding yang berada didepan anda.

Teknik Dasar Bounce Pass

Teknik dasar mengoper selanjutnya adalah teknik bounce pass dalam permainan bola basket. Teknik Bounce Pass merupakan sebuah teknik dasar mengoper yang memantulkn basket kelantai sebanyak 2/3 dari lawan agar bola tidak dapat direbut atau dijangkau oleh lawan. Teknik dasar pass ini cocok digunakan dalam pertandingan yang sasarannya melalui backdoor cut. Tidak hanya itu saja melainkan teknik bounce pass juga berguna untuk mengecoh lawan yang menghadang sehingga ketika melakukan passing line bola tidak dapat dijangkau.
Bounce Pass
Langkah langkah teknik dasar mengoper bounce pass:
  • Posisikan badan berdiri tegak.
  • Letakkan bola didepan badan dan posisikan sikut disamping badan dengan sedikit ditekuk.
  • Letakkan salah satu kaki didepan.
  • Tumpukan berat badan diantara dua kaki dan lutut sedikit ditekuk.
  • Rilekskan tubuh agar seimbang dengan posisi badan sedikit condong kedepan.
  • Dorong bola kelantai dengan sasaran seperempat dari sasaran.
  • Lakukan awalan dengan menarik sedikit bola kearah dada saat melempar kemudian diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan dengan posisi telapak tangan mengarah keluar.
Teknik dasar mengoper bola basket ini dapat anda kuasai dengan cara rutin berlatih. Anda dapat berlatih bounce pass dengan dinding yaitu cukup memantulkan bola kearah dinding kemudian menangkapnya kembali.

Teknik Dasar Overhead Pass

Teknik dasar mengoper atau pass dalam permainan bola basket juga dapat dilakukan menggunakan teknik overhead pass. Teknik overhead pass ialah teknik dasar mengoper dengan cara memegang bola diatas kepala kemudian dilemparkan kepemain lain yang dekat dilapangan basket. Teknik dasar pass ini dilakukan ketika pemain sedang dijaga ketat oleh lawan sedangkan bola tersebut harus melewati lawan lawan ini. Teknik mengoper bola basket ini berguna agar kita dapat lolos dari penjagaan lawan dengan mengumpankan bola kearah pemain lain diarea low post.
Overhead Pass
Langkah langkah tenik dasar mengoper overhead pass:
  • Letakkan bola diatas kepala dengan sedikit kedepan kearah dahi dan pegang menggunakan kedua tangan.
  • Posisikan siku sedikit ditekuk.
  • Posisikan pergelangan tangan kearah serong bawah ketika akan melempar bola kemudian akhiri dengan lengan yang lurus.
  • Lepaskan bola menggunakan jentikan ujung jari tangan.

Teknik Dasar Behind The Back Pass

Selanjutnya terdapat teknik dasar operan behind the back pass. Teknik dasar mengoper pada basket ini merupakan sebuah teknik angan angan saja namun seiring perkembangan jaman, teknik ini menjadi sebuah teknik yang berbahaya dalam permainan bola basket. Teknik behind the back pass menggunakan operan yang letaknya dibelakang punggung. Anda harus berlatih keras agar dapat menguasai teknik dasar operan ini karena bagi pemula pasti akan kesuliatn untuk menguasainya.
Behind The Back Pass
Teknik dasar operan behind the back ini banyak dilakukan oleh pemain pemain profesional. Keuntungan menggunakan teknik ini ialah dapat mengecoh lawan. Penggunaan teknik back pass tidak dapat diduga oleh lawan karena teknik operan ini menggunakan sasaran yang tidak tentu dan tidak pasti sehingga pola mengoper pemain dapat diubah sesuai keinginan.

Teknik Dasar Baseball Pass

Teknik dasar mengoper pada basket yang terakhir ialah teknik baseball pass. Dalam permainan bola basket penggunaan baseball ini ketika pemain berada dalam keadaan serangan balik dengan cepat atau fastbreak. Pemain yang menggunakan teknik dasar pass ini harus memiliki power yang kuat dengan tingkat akurasi yang akurat karena penggunaannya diarea sendiri kemudian diarahkan kearea lawan. Penggunaan lengan yang kuat saat melempar merupakan teknik yang paling penting dalam teknik operan ini. Teknik dasar operan baseball memang tidak memiliki ketelitian yang tepat namun sangat berguna ketika pemain dalam keadaaan fastbreak.
Baseball Pass
Teknik dasar mengoper bola basket ini dapat anda kuasai dengan cara rutin berlatih. Anda dapat berlatih baseball pass dengan teman yaitu melemparkan bola dari ujung lapangan yang satu keujung lapangan lainnya.

Inilah beberapa teknik dasar mengoper atau pass dalam permainan bola basket yang dapat saya bagikan. Untuk menguasai setiap teknik operan harus banyak berlatih dengan rutin. Kuasailah setiap teknik tersebut agar anda dapat mencetak angkat dalam permainan basket. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders