Jenis Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasan

Jenis Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasan - Kegiatan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Olahraga tersebut dapat dilakukan di udara, air, maupun tanah. Kegiatan ini membuat hati seseorang menjadi lebih senang serta membuat tubuh juga lebih sehat. Tidak heran apabila kegiatan tersebut banyak digunakan banyak orang sebagai hobi. Berolahraga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan berbagai tingkat kesulitan, peralatan tambahan, biaya yang dikeluarkan, hingga jenis olahraga yang dilakukan. Salah satu jenis olahraga yang cukup menyenangkan ialah olahraga air. Media air tersebut memiliki beberapa jenis olahraga air yang dapat anda lakukan.

Olahraga tidak hanya dilakukan didaratan saja, melainkan didalam air juga cukup menyenangkan. Olahraga air dapat dilakukan dipermukaannya maupun didalam air sekalipun. Bahkan jenis olahraga air ini juga dapat dilakukan tanpa bersentuhan dengan air. Kali ini saya akan membagikan jenis jenis olahraga air beserta penjelasannya. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Jenis Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasan

Apakah anda menyukai olahraga air? atau anda ingin mencoba olahraga air? Jenis olahraga ini cukup menyenangkan dengan tingkat kesulitan yang berbeda beda. Dibawah ini terdapat jenis jenis olahraga air beserta penjelasannya.
Renang
Jenis olahraga air yang pertama ialah olahraga renang. Berenang merupakan jenis olahraga yang telah ada sejak jaman dulu dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya. Olahraga renang dapat dilakukan secara beregu maupun perorangan. Jenis olahraga air ini menggunakan kaki dan lengan untuk bergerak di dalam air. Olahraga tersebut dapat dilakukan di dalam ruangan maupun di alam terbuka misalnya sungai, laut ataupun danau. Dengan sejarahnya yang cukup panjang dan populer membuat olahraga renang di olimpiadekan dan dimasukkan ke dalam cabang olahraga dengan tingkat turnamen. Olahraga renang memiliki beberapa gaya yang dapat digunakan seperti gaya kupu kupu, gaya punggung, gaya bebas dan gaya dada.

Jenis olahraga air ini tidak semua orang dapat melakukannya, karena tidak semua orang dapat berenang. Renang memerlukan kaki dan lengan yang kuat, ketahanan tubuh yang bagus dan teknik pernapasan yang baik dalam air dengan waktu lama. Apabila anda tergolong pemula dalam jenis olahraga air ini, maka disarankan untuk mengikuti kelas berenang terlebih dahulu. Adapula hal hal yang harus dipersiapkan dalam memulai olahraga ini seperti krim pelindung iritasi untuk kulit sensitif, baju renang dan kaca mata renang. Olahraga renang memiliki banyak manfaat bagi tubuh bahkan ahli kesehatan juga merekomendasikan bagi anda yang memiliki berat badan lebih, memiliki masalah sendi ataupun bagi ibu hamil.

Polo Air
Jenis olahraga air selanjutnya ialah polo air. Olahraga ini diperkenalkan pada tahun 1800an dari Skotlandia. Polo air ialah jenis olahraga air yang dilakukan dalam kolam renang persegi panjnag dan dilakukan dengan beregu. Regu tersebut berjumlah dua tim dengan tujuan memasukkan bola kedalam gawang lawan. Untuk pemenang dalam polo air ini dihitung dengan skor terbanyak setelah waktu habis. Tim polo air terdiri dari anggota yang berjumlah tujuh orang. Salah satu anggota bertugas sebagai kiper untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Jenis olahraga air tersebut menggabungkan beberapa peraturan dalam olahraga renang, basket, sepak bola dan gulat.

Jenis olahraga air ini dimainkan dengan banyak rekan dan yang pasti anda harus mahir berenang. Polo air membutuhkan beberapa alat tambahan seperti baju renang dengan beberapa warna yang menandakan satu anggota tim serta pemain kiper, gawang pertandingan untuk memasukkan bola, dan bola yang dapat mengapung diatas air sepeti bola voli. Polo air cukup populer di beberapa negara seperti Brasil, Kanada, China, Australia dan Amerika Serikat. Bahkan negara negara tersebut juga bersaing dalam Olimpiade resmi.

Snorkeling
Jenis olahraga air selanjutnya ialah snorkeling. Snorkeling ialah jenis olahraga air yang dapat dilakukan diluar ruangan. Untuk melakukan olahraga ini, anda dituntut untuk menguasai teknik menyelam yang bagus serta perlengkapan menyelam yang lengkap seperti tabung kecil sebagai tempat oksigen atau tabung snorkel, baju selam tebal, kacamata renang, dan kaki katak. Baju selam yang tebal bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dalam perairan suhunya dingin. Olahraga snorkeling dilakukan dalam perairan yang dangkal dengan berbagai keindahan biota laut bawah air. Dengan begitu anda dapat menikmati keindahan tersebut tanpa memerlukan peralatan yang berat dan banyak.
Baca juga : 32 Peraturan Dalam Perlombaan Lari Estafet
Jenis olahraga air ini cukup terkenal dikalangan banyak orang, termasuk para traveler. Para traveler tentunya ada yang menyukai tempat liburan dengan pantai pantai diberbagai negara tropis. Tempat tempat yang dapat direkomendasikan bagi para snorkel ialah Hawai, Bali, Karibia, Australia, Maldives dan Thailand. Tujuan melakukan olahraga ini ialah mendapatkan keindahan bawah laut, namun sebelum melakukan liburan terlebih dahulu anda dapat mengecek lokasi lokasinya. Untuk momen momen keindahan bawah laut ini dapat diabadikan dengan kamera tahan air. Selain itu anda dapat melakukan snorkeling disiang hari karena sinar matahari akan membuat bawah laut semakin indah dan juga jernih.

Diving
Jenis olahraga air selanjutnya ialah diving. Diving ialah jenis olahraga air yang membutuhkan batu loncatan untuk melompat kedalam air. Olahraga tersebut biasanya diikuti dengan gerakan gerakan akrobatik sebelum menyelam kedalam air. Diving termasuk kedalam cabang Olimpiade olahraga air bahkan diakui secara inernasional. Maka dari itu setiap cabang olahraga ini ditandingkan, banyak sekali penonton yang melihatnya bahkan sampai membludak. Untuk penjurian dalam diving biasanya memperhatikan beberapa hal seperti sikap badan ketika masuk ke air, tingginya lompatan atlet, posisi tubuh, dan seberama lama atlet dapat melakukan gerakan akrobatik ketika melayang diudara. Pada umumnya atlet diving memiliki latar belakang yang bagus dibidang senam. Hal tersebut ditunjukkan dari atletisme tubuh, kelenturan maupun fleksibilitas tubuh.

Jenis olahraga air ini juga memiliki atlet dengan kemampuan menari yang baik. Diving termasuk jenis olahraga air yang bersifat rekreasional, terstruktur, kompetitif dan profesional. Olahraga tersebut juga memiliki kemiripan dengan snorkeling karena sama sama menyenangkan. Walaupun demikian terdapat perbedaan didalamnya yaitu untuk diving dilakukan dengan cara menyelam ke dalam air, sedangkan snorkeling hanya dipermukaan air. Diving dapat dibagi mejadi dua jenis yaitu scuba diving dan free diving.

Kano
Jenis olahraga air selanjutnya ialah kano. Kano ialah jenis olahraga air yang atletnya tidak bersentuhan dengan air secara langsung. Kano memerlukan alat tambahan berupa perahu dengan kapasitas penumpang satu orang atau lebih. Perahu ini harus didayung diatas air dengan jarak tertentu. Jenis olahraga air ini dapat dilakukan dipermukaan air yang tenang, misalnya waduk maupun danau. Olahraga tersebut bahkan termasuk kedalam Olimpiade olahraga air. Untuk variasi perlombaannya ditentukan dari panjang lintasannya dengan jarak 200 m sampai 1000 m, jenis kano, maupun jumlah pendayung yang terdapat diatas kapal. Untuk peraturan dalam kano diatur dan ditentukan oleh ICF atau International Canoe Federation yang berpusat di kota Lausanne, Swiss.

Jenis olahraga air seperti kano ini tidak membutuhkan teknik mendayung, kemampuan menyelam atau kemampuan berenang yang rumit dan eksepsional. Anda cukup mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik agar dapat menikmati olahraga kano. Olahraga tersebut akan lebih mneyenangkan apabila memiliki partner sehingga dapat menghirup udara segar diatas air bersama sama. Anda disarankan untuk memiliki lokasi yang tidak begitu ramai sehingga perjalanan menjelajahi perairannya dapat lebih maksimal. Ada beberapa resort yang sengaja menyediakan fasilitas untuk berolahraga kano. Untuk waktunya dapat memilih pagi hari maupun sore hari.
Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Langkah Senam Irama
Surfing
Jenis olahraga air selanjutnya ialah surfing. Surfing ialah jenis olahraga air yang dilakukan dipermukaan air dengan mengendarai gelombang air/ombak dari tengah laut menuju pantai. Olahraga ini memang memanfaatkan ombak sebagai sarana olahraganya, namun para peselancar atau surfer memerlukan alat tambahan seperti papan selancar atau surfboard. Anda cukup berdiri diatas papan selancar dan menunggu ombak datang. Maka dari itu anda harus menemukan pantai yang memiliki ombak yang tinggi dibagian tengah lautnya. Bagi atlet surfer, gelombang laut yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Peselancar bernama Garrett McNamara pernah menakhlukkan ombak dengan ketinggian 23,8 m atau 78 kaki di negara Nazare, Portugal. Bahkan juga dicatat dalam The Guinness Book of World Records.

Ski Air
Jenis olahraga air yang terakhir ialah ski air. Ski air ialah jenis olahraga air yang dilakukan dengan cara ditarik dibelakang kapal. Kapal tersebut memiliki kecepatan tertentu sehingga menciptakan gelombang besar dan dapat ditunggangi oleh satu atau dua papan ski. Jenis olahraga air tersebut dilakukan dalam area yang tenang seperti danau yang luas. Ski air membutuhkan alat tambahan seperti pelampung untuk pengaman, tali derek, kapal bermesin, dan papan ski air. Surfing juga termasuk jenis olahraga yang menantang karena memerlukan otot bagian atas dan otot bagian bawah yang kuat. Tidak hanya itu, untuk bertahan di atas papan ski harus membutuhkan keseimbangan dengan fokus dan konsentrasi yang bagus. Untuk pemain ski air memiliki beberapa peraturan tersendiri yaitu :

  • Pemain ski air dengan berat badan kurang dari 23 kg, ditarik dengan kecepatan 21 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan 23 sampai 45 kg, ditarik dengan kecepatan 26 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan 45 sampai 68 kg, ditarik dengan kecepatan 29 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan 68 sampai 82 kg, ditarik dengan kecepatan 34 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan lebih dari 82 kg, ditarik dengan kecepatan 38 km/jam.
Inilah beberapa jenis olahraga air yang dapat saya bagikan. Anda dapat lebih dekat dengan alam melalui olahraga air ini misalnya menikami keindahan bawah laut, mencoba adrenalin dengan surfing ataupun menikmati permukaan air yang tenang dengan kano. Selamat mencoba. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket

3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders