Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional

Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional InternasionalBola voli merupakan salah satu jenis olahraga Internasional yang banyak dilombakan diberbagai negara. Tidak heran apabila olahraga bola voli banyak diminati masyarakat. Olahrga ini lebih hemat tempat daripada olahraga bola dengan ukuran lapangan yang luas. Ukuran lapangan bola voli berstandar nasional dan internasional memiliki panjang seperlima lapangan sepak bola. Disetiap negara memiliki ukuran lapangan bola voli yang sama dengan standar internasional. Maka dari itu seluruh negara memiliki ukuran lapangan yang sama. Bola voli ditemukan oleh guru pendidikan jasmani di YMCA pada tahun 1895. Penemu bola voli tersebut bernama William G. Morgan.

Jaman dahulu bola voli tidak langsung menyebar begitu saja, tetapi jenis olahraga ini  berasal dari beberapa pemikiran. Pemikiran tersebut melahirkan jenis olahraga baru bernama bola voli. Bola voli berasal dari gabungan beberapa jenis olahraga seperti baseball, voli, basket dan tenis. Ke empat jenis olahraga tersebut tergolong jenis olahraga handball.Untuk ukuran lapangan bola voli tidak ada perbedaan bagi pemain putra maupun putri. Yang membedakan antara pemain putra dan putri ialah tinggi netnya. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional

Ukuran lapangan bola voli nasional sama dengan standar internasional. Suatu standar merupakan ukuran perjanjian yang disetujui dengan berbagai pertimbangan antara beberapa pihak yang bersangkutan. Standar tersebut digunakan sebagai pedoman semua negara dan harus dipatuhi serta diterapkan walaupun tidak semuanya mengikuti. Ukuran lapangan bola voli nasional memiliki kesamaan dengan standar internasional karena mengikuti pedoman yang berlaku. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional.
Berdasarkan gambar diatas diketahui ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional sebagai berikut :
Panjang Lapangan Bola Voli : 18 m
Lebar Lapangan Bola Voli : 9 m
Lebar Garis Serang Lapangan : 3 m
Daerah Clearance Belakang : 3-8 m
Daerah Clearance Samping : 3-5 m
�Daerah Clearance ialah daerah untuk menghalau bola�
Baca juga : 4 Teknik Dasar Bola Voli Beserta Cara Melakukannya
Lebar Net : 1 m
Tinggi Net Putra : 2,43 m
Tinggi Net Putri : 2,24 m
Jarang tiang pada net dengan garis samping lapangan : 0,5 sampai 1 m
Pita tepi samping net : 5 cm sampai 1 m
Pita tepi atas net : 5 cm
Mata jala net : 10 cm

Demikianlah penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional. Setiap pemain bola voli diharuskan untuk memahami ukuran lapangan yang berlaku agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar dan dapat dimenangkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket

3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders