Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya

Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya - Ketika melakukan sebuah pertandingan olehraga, pasti akan diawali dengan penggunaan start yang baik dan benar. Misalnya saja olahraga lari. Jenis olahraga ini memiliki macam macam start jongkok yang digunakan. Cara melakukan start jongkok pun berbeda beda karena tergantung jenis teknik start jongkok yang digunakan. Start jongkok (Crouch Start) ialah salah satu jenis start yang digunakan untuk teknik olahraga lari seperti lari jarak pendek (100 m, 200 m, dan 400 m), serta digunakan untuk mengawali start dalam olahraga lari gawang dan lari estafet.

Jenis start ini dinamakan start jongkok karena start tersebut dilakukan dengan posisi badan seperti orang berjongkok. Namun posisi badannya tidak dapat disamakan dengan posisi jongkok biasa. Pada start ini, tubuh ditata agar dapat melakukan tolakan yang sempurna sehingga kecepatan lari dapat semaksimal mungkin. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai macam macam start jongkok dan teknik start jongkok. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya

Start jongkok membutuhkan energi yang cukup besar daripada jenis start lain, contohnya start melayang maupun start berdiri. Untuk jenis start berdiri, tubuh pelari akan berada di tingkat atas ketika melakukan aba aba dan bersedia. Kedua kaki sedikit diberi jarak dan ditekuk agar tolakannya memiliki energi sedang. Jenis start ini digunakan dalam mengawali lari jarak jauh atau maraton dan lari jarak menengah. Untuk start melayang merupakan jenis start yang diawali dengan berlari pada garis start sampai garis akhir. Jenis start ini digunakan dalam lari estafet bagi pelari kedua, ketiga dan seterusnya. Sedangkan untuk start jongok merupakan jenis start yang cukup sulit dilakukan. Teknik start jongkok dan cara melakukan start jongkok yang benar merupakan faktor penting dalam kecepatan dan kemenangan seorang pelari. Tidak heran apabila macam macam start jongkok lebih bervariasi.

Macam Macam Start Jongkok

Berdasarkan bentuk tubuh dan ukuran panjang kaki pelari, start jongkok dapat dibagi menjadi tiga macam. Macam macam start jongkok tersebut memiliki perbedaan pada jarak balok start dengan kaki belakang dan kaki depan. Berikut penjelasan macam macam start jongkok:
Macam Macam Start Jongkok
Start Pendek/Short Start/Bunch Start
Macam start jongkok yang pertama ialah start pendek atau short start atau bunch start. Start pendek memiliki posisi jongkok yang bagian lutut belakangnya berada di samping tumit atau depan telapak kaki. Jenis start jongkok ini banyak digunakan oleh pelari karena menghasilkan kecepatan yang tinggi. Tetapi start ini kurang efisien jika digunakan untuk pelari pemula (anak anak), karena kedua kaki memiliki posisi yang berdekatan. Dengan begitu kedua tangan akan menahan berat badan dan terasa lebih berat. Apalagi ketika aba aba "siap" dibunyikan, berat badan akan ditumpukan pada kedua tangan agar tetap seimbang. Hal inilah yang menyebabkan start pendek cocok digunakan untuk atlet senior ataupun atlet yang sudah terlatih.

Start Medium
Macam start jongkok selanjutnya ialah start medium. Start medium di awali dengan posisi badan berjongkok. Kemudian lutut kaki belakang letaknya di samping lekukan telapak kaki bagian depan. Kemudian setelah posisi badan berdiri, ujung kaki belakang ditempatkan kebelakang tumit kaki bagian depan sedikit. Jenis start ini juga masih banyak digunakan oleh atlet atlet senior. Hal ini dikarenakan start medium juga menghasilkan kecepatan yang tinggi. Jenis start ini juga disarankan untuk pelari pelari pemula.

Start Panjang
Macam start jongkok yang terakhir ialah start panjang. Jenis start ini memang jarang digunakan karena hanya dipakai untuk atlet lari yang ukuran kakinya panjang. Start panjang diawali dengan lutut kaki bagian belakang diposisikan 30 cm dari kaki depan maupun menyesuaikan. Yang terpenting dalam jenis start ini ialah letak lutut kaki bagian belakang harus berada di belakang kaki depan.
Baca juga : Jenis Jenis Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap

Teknik Start Jongkok

Selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai teknik start jongkok. Dalam melakukan start jongkok harus memperhatikan beberapa hal penting yaitu :

  • Kaki depan selalu digunakan sebagai kaki terkuat. Penempatan kaki depan tersebut berlaku untuk start pendek, start medium maupun start panjang.
  • Lutut diposisikan sesuai jenis start yang digunakan. Hal ini dikarenakan posisi lutut antar jenis start berbeda beda.
  • Telapak tangan diposisikan menapak dan terbuka dipermukaan tanah.
  • Kondisikan tubuh anda tetap rileks dan berkonsentrasi penuh. Hal ini dimaksudkan agar anda dapat melakukan aba aba dengan benar.
  • Kepala diposisikan dengan menengadah ke arah depan tetapi jangan terlalu tinggi agar jarak pandangan dengan jalur yang dilaluinya tetap stabil. Saat aba aba "bersedia" dilakukan tubuh akan tetap stabil.
  • Kemudian untuk aba aba "siap", kepala diposisikan menunduk dan menatap ke arah tanah.
  • Untuk aba aba "Yak" atau suara tembakan pistol, kepala diposisikan sedikit menunduk agar anda dapat tetap melihat ke arah depan. 
  • Ketika akan berlari, tubuh bagian atas diposisikan sedikit condong ke arah depan.
  • Pada saat itu juga lengan diayunkan dengan irama tubuh saat berlari dan lengan akan membentuk posisi 90�.
Demikianlah penjelasan mengenai macam macam start jongkok dan teknik start jongkok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket

3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders